Mencegah Android Memasang Aplikasi sendiri


Banyak sekali keluhan dari pemakai android bahwa tiba - tiba android mereka menginstal aplikasi secara diam - diam tanpa disadari. Masalah – masalah tersebut muncul karena perawatan software yang kurang baik.

Bagi anda yang mengalami masalah pada android yang suka mengunduh dan menginstall aplikasi sendiri, mungkin itu disebabkan karena virus atau adware yang masuk pada sistem android anda. Virus dan adware tersebut telah masuk pada aplikasi yang anda install atau masuk melalui browser online saat anda diminta mengunduh file tertentu. 

Apakah Anda Menginstall Aplikasi Secara Offline?
Jika sebelumnya anda menginstall aplikasi secara offline dan tidak mengunduh melalui Google Play Store. Mungkin saja aplikasi tersebut telah membawa virus ke android anda yang mengakibatkan android anda sering install aplikasi sendiri walaupun tidak anda perintah dari anda. Pasti sangat sulit untuk menghentikannya, karena virus dan adware akan terus bekerja. Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Dan berikut tips – tipsnya.
 

  1. Scan Dengan Anti Virus. Cara pertama yakni dengan menghapus virus yang menempel pada android anda. Gunakan anti virus terbaik dan terpercaya seperti Kaspersky Internet Security, AVG, Avira, atau CM Security. Aplikasi tersebut mampu melakukan scanning pada virus jahat yang menggangu aktifitas harian anda. Jika anti virus tersebut nantinya tidak berhasil mengatasi masalah anda, coba dengan tips kedua.
  2. Matikan Fitur Update Otomatis Google Play. Untuk cara kedua, anda bisa matikan fitur update pada aplikasi Google Play Store. Caranya cukup mudah, buka aplikasi Google Play Store, kemudian masuk pada setelan. Hilangkan centang pada bagian “Aplikasi diperbarui Secara otomatis”. Tujuan dari cara ini agar Google Play Store tidak melakukan update aplikasi terus menerus secara otomatis. Setelah itu restart android anda.

  3. Hapus aplikasi yang mencurigakan, seperti game, medsos dll yang anda install  di luar google play bisa jadi aplkasi tersebut yang menyebabkan android anda mengunduh aplikasi yang tidak diinginkan.
  4. Jangan Izinkan Aplikasi Dari Sumber Yang Tidak Dikenal. Jika sebelumnya anda menseting aplikasi agar boleh menginstall aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, sebaiknya anda hilangkan akses tersebut. Masuk pada menu pengaturan, pilih keamanan, kemudian hilangkan centang pada aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Lebih jelasnya, anda bisa lihat gambarnya dibawah ini. 
  5. Stop Aplikasi. Jika anda melihat aplikasi tersebut masih mengunduh dan menginstall terus menerus, carilah aplikasi tersebut pada daftar aplikasi yang berjalan. Tap Pengaturan » Aplikasi » Menjalankan. Lalu cari aplikasi yang menginstall sendiri tersebut dan stop aplikasi tersebut. Jika aplikasi masih dalam proses mengunduh, biasanya aplikasi bernama downloader, stop aplikasi tersebut agar berhenti berjalan.
Semoga tips ini bermanfaat bagi anda pengguna android, dan untuk kedepannya usahakan jangan tergoda untuk memasang aplikasi di luar google play jika anda berselancar di browser dan tiba - tiba ada peringatan "Smartphone anda terinfeksi virus" dan anda diminta mendowload aplikasi, mohon abaikan saja, kemungkinan besar itu adalah adware atau malware. Jika anda mengoleksi file APK di Smartphone lebih baik dihapus saja, selalu update anti virus dan firmware android anda dengan melakukan update antivirus dan update firmware dari vendor smartphone akan menambah sistem keamanan android anda.

 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment