Waspadai Jenis Aplikasi Berbahaya di Android


Saat ini pengguna Android sedang diributkan oleh beredarnya trojan berbahaya yang bernama Joker. Malware ini membuat pengguna android berlangganan dan melakukan pembelian produk tertentu secara diam-diam. Malware ini pertama kali ditemukan oleh peneliti keamanan cyber, Aleksejs Kuprins dan di tulis melalui Medium.

Selain di Indonesia, malware ini dilaporkan aktif menyerang pengguna di beberapa negara lain, seperti Australia, Portugal, hingga Arab Saudi.

Dikutip dari Teck Radar Joker sudah terinstal sebanyak 472 ribu kali, Malware ini akan menyedot pulsa dan uang pengguna secara diam-diam, joker bekerja secara diam - diam mengeklik iklan yang tampil dan akan sign Up dan meretas verifikasi pengguna melalui SMS dan akhirnya akan mempunyai semua otorisasi yang dibutuhkan untuk berlangganan akun premium dan menyedot pulsa atau uang pengguna.

Berikut ini 24 jenis aplikasi yang perlu diwaspadai :

Advocate Wallpaper
Age Face
Altar Message
Antivirus Scurity-Scurity Scan
Beach Camera
Board Picture Editing
Certain Wallpaper
Climate SMS
Collate Face Scanner
Cute Camera
Dazzle Wallpaper
Declare Message
Display Camera
Great VPN
Humour Camera
Ignite Clean
Leaf Face Scanner
Mini Camera
Print Plan Scan
Rapid Face Scanner
Reward Clean
Ruddy SMS
Soby Camera
Spark Wallpaper

Ini adalah kedua kalinya sistem Google Play Store di serang Malware kemungkinan besar aplikasi tersebut sudah tidak dapat diakses pengguna. Tetapi tidak menutup kemungkinan beredar di luar Google Play Store, untuk ini pengguna android diharapkan waspada jika mengunduh suatu aplikasi di luar Play Store.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment